Beberapa Hal Penting Ketika Akan Melakukan MPASI

MPASI itu wajib dilakukan jika bayi Anda telah memasuki usia 6bulan. Akan tetapi hingga sekarang, para orang tua masih tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Pada akhirnya ada beberapa orang tua yang memberikan makanan pendamping ASI ketika usianya sudah menginjak 1 tahun. Padahal jika makanan pendamping ASI itu telah untuk diberikan, akan ada beberapa dampak yang timbul. Dampak tersebut pun cukup merugikan bagi sang bayi. Untuk itu sebagai orang tua, seharusnya bisa lebih aktif untuk mencari informasi terkait makanan pendamping ASI dan bagaimana cara untuk melakukannya. Bagi yang berada dalam situs ini, sebentar lagi Anda pun akan mendapatkan beberapa macam info terkait cara tepat dalam memberikan makanan pendamping ASI.

Langkah Melakukan MPASI Terhadap Bayi

Sebenarnya dalam melakukan MPASI terhadap bayi itu sangatlah mudah. Akan tetapi karena memang belum tahu sama sekali cara memberikan makanan pendamping ASI, terkadang ada orang tua yang sembarangan. Nah mulai sekarang hendaknya jangan asal dalam memperlakukan bayi. Rawatlah dengan sebaik mungkin agar tumbuh kembang anak bisa lebih terjaga. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Anda dalam memberi makanan pendamping ASI.

  • Jadi Anda harus memberikan makanan pendamping itu dengan sedikit demi sedikit. Contohnya 2 sampai 3 sendok pertama, kemudian lambat laun jumlahnya ditambah hingga si bayi merasa terbiasa dengan makanan yang masuk ke dalam tenggorokannya.
  • Pemberian makanan pendamping ASI itu harus Anda lakukan di sela-sela setelah memberikan ASI. Jadi untuk pertama kalinya, Anda berikan makanan pendamping 1x dalam sehari. Setelah itu di hari selanjutnya meningkat jadi 3x sehari.
  • Berikan tepung beras kepada si bayi. Pasalnya tepung beras itu sangat baik, dan tidak akan menimbulkan alergi terhadap bayi.
  • Cobalah untuk sedikit demi sedikit mengenalkan sayuran dan buah kepada si bayi. Sayuran adalah makanan yang begitu penting, karena serat akan terkandung sangat banyak dalam sayuran. Jadi untuk itu, Anda harus memblender sayuran agar bisa dikonsumsi dengan mudah oleh si bayi. Selain itu carilah sayur dan juga buah yang rasanya manis. Sehingga tidak akan terjadi penolakan nantinya. Untuk mengetahui langkah yang lebih lengkap tentang cara pemberian makanan pendamping ASI, Anda bisa dapatkan infonya dalam Mpasi.org.

Related posts: