Berburu Makanan Khas Dari Purwokerto

Purwokerto, kota kecil yang terletak di kabupaten Banyumas dengan segala keunikannya. Seperti daerah-daerah lain yang memiliki makanan khas, Purwokerto juga punya makanan khasnya yang terkenal yaitu mendoan. Apa sih mendoan? Tempe yang mendo, digoreng setengah matang dan dibalut dengan adonan yang telah diberi bumbu, kemudian dimasak pada minyak panas. Untuk memasaknya pun perlu minyak yang banyak, agar tempe tenggelam dan diangkat sebelum matang. Kenapa sebelum matang? Ya memang begitu mendoan, unik. Tidak seperti tempe pada umumnya yang digoreng hingga matang dan kering. Tapi, di Banyumas Anda bisa menemukan cita rasa baru dari tempe yang dimasak setengah matang.

Makan Mendoan Sambil Menikmati Sejuknya Suasana Kaki Gunung

Kota Purwokerto yang terletak di bawah kaki gunung Slamet memberikan suasana yang sejuk di pagi hari. Di kota ini juga belum ditemukan adanya kemacetan, orang-orangnya yang ramah, serta apa adanya. Makanya kota ini dibilang cablaka. Untuk bisa mendapatkan mendoan, Anda bisa menjumpainya di warung-warung kecil pinggir jalan. Bahkan, setiap warung makan biasanya tak lupa pasti menyediakan mendoan.

Selain warung kecil, kini mendoan juga menjadi menu di restoran-restoran besar sebagai menu khas bagi pendatang.

Mendoan ini akan terasa lebih lengkap dengan kehadiran sambal kecap yang diberi irisan cabai rawit, super maknyus kalau dibayangkan pokoknya. Dan dijamin akan ketagihan setelah mencoba makanan yang satu ini. Untuk para pendatang yang mau menikmati wisata curug-curug yang ada di Baturraden juga bisa menemukan makanan ini. karena tersedia di saung-saung kecil menuju curug. Kalau di Baturraden sendiri, ada mendoan yang terkenal yaitu mendoan kriuk. Karena mendoan tersebut ditaburi remahan tepung yang ditaburi di atas mendoan yang menumpuk.

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir akan menguras kantong. Dijamin harganya sangat bersahabat, mulai dari 500 rupiah hingga 2000 yang paling mahal.  Setelah ini, pasti kamu udah gak sabar untuk mencicipi uniknya rasa tempe setengah matang itu kan? Langsung aja datang kalo gitu ke Kota Purwokerto.

Related posts: