Peluang Usaha Budidaya Ikan Platy

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang sudah terkenal sejak lama. Ikan ini sampai sekarang masih memiliki banyak peminat. Sebenarnya, ikan platy dan ikan guppy masih tergolong dalam satu family, sehingga ikan platy ini juga mudah dikembangbiakkan sebagaimana ikan guppy. Budidaya ikan platy ini bisa menjadi alternatif peluang usaha yang menguntungkan, terlebih lagi untuk para pemula di dunia perkembang biakkan ikan hias. Pasalnya, ikan ini perawatannya sangat mudah.

Mengenal Ikan Platy Lebih Jauh

Ikan dengan nama latin Xyphophorus maculates ini merupakan ikan hias yang tidak memerlukan perawatan khusus untuk memeliharanya ataupun membudidayakannya. Ikan platy mudah dipelihara dalam akuarium ataupun kolam dengan berbagai ukuran. Juga, ikan ini terkenal tidak mudah mati karena mereka memiliki daya tahan tubuh yang bagus, sehingga mereka juga mampu bertahan hidup dalam berbagai kondisi lingkungan. Hal ini juga mempengaruhi tingkat produktivitas ikan itu sendiri, karena ikan dapat bereproduksi lebih banyak sebab daya tahan tubuhnya yang kuat.

Namun, ikan ini sayangnya memiliki tabiat buruk yaitu suka memakan anak-anaknya sendiri. Tak tanggung-tanggung mereka bisa memakan sekitar 20 persen dari jumlah total anak mereka. Tapi hal ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada hasil budidaya itu sendiri, sebab seekor induk platy bisa beranak hingga ratusan ekor dalam sekali reproduksi.

Sebagai tambahan informasi, ikan ini juga tidak mengeluarkan telur-telur nya seperti ikan hias jenis lain. Telur-telur mereka tetap berada dalam tubuh induk betinanya sampai tiba waktunya menetas. Ketika telur-telur tersebut sudah menetas, barulah anakan ikan platy tersebut dikeluarkan dari tubuh si induk betina yang mana prosesnya ini mirip seperti proses melahirkan pada hewan mamalia. Maka dari itu, ikan ini termasuk ke dalam ikan tipe livebearers.

Ikan ini pada mulanya berasal dari perairan tawar yang hangat di daerah Amerika Tengah seperti Meksiko, Honduras, dan Guatemala. Namun, karena ikan ini sudah banyak dibudidayakan, maka saat ini sudah dapat ditemui di berbagai belahan dunia.

Related posts: