Saatnya Menghindari Jerawat

Jerawat (acnes) adalah keadaan dimana pori-pori kulit terutama bagian wajah yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya kantung nanah yang meradang. Jerawat memang hampir dialami oleh semua orang baik laki-laki dan perempuan. Namun, terkadang ada segelintir orang yang jarang sekali berjerawat. Ada banyak hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa diantaranya adalah stress, jenis kulit yang berminyak, faktor hormon yang berlebihan, infeksi, mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat, mengonsumsi pil KB bahkan karena faktor keturunan.

Cara Terhindar Dari Jerawat

Jerawat-jerawat nakal yang timbul di wajah memang akan dapat hilang sendirinya tanpa diberi perlakuan apapun. Namun, bagi kalangan wanita terutama yang sudah beranjak dewasa, tentunya menjadi masalah. Mereka sering menggunakan lotion anti jerawat. Walaupun sudah banyak obat jerawat, alangkah lebih baiknya kita juga menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari jerawat adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan wajah

Walaupun muka Anda tidak berjerawat, tetap harus menjaga kebersihan wajah. Gunakan pembersih wajah dan bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan secara perlahan.

  1. Menggunakan pelembab

Menggunakan pelembab akan mencegah kulit menjadi kering. Untuk kulit yang berminyak, pilihlah pelembab dalam bentuk gel, sedangkan untuk kulit kering pilihlah pelembab dalam bentuk krim atau lotion.

  1. Menggunakan make up secukupnya

Jika Anda sering menggunakan make up yang cukup tebal, jangan lupa bersihkan wajah Anda sebelum tidur. Penggunaan make up ini akan membuat pori-pori tertutup. Selain itu, pilihlah kosmetik yang mengandung sedikit bahan kimia.

  1. Menghindari kontak langsung antara wajah dan tangan

Sebelum kontak langsung dengan wajah, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Karena tangan yang kotor dapat menyebarkan bakteri dan menyebabkan iritasi.

  1. Menghindari stress

Stress dapat meningkatkan produksi hormon. Jumlah hormon yang tinggi dalam tubuh dapat memicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu Anda perlu mengelola stress dengan baik.

Related posts: